Selamat Datang di Portal Asiknya Belajar PKn

Hasil Workshop Penyederhanaan RPP Luring dan Daring Mapel PPKn Tingkat SMP


Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru pada saat kondisi terdampak pandemi Covid-19 dan berdasarkan seleksi Workshop Penyederhanaan RPP, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial (PPPPTK PKn dan IPS) telah selesai melaksanakan Workshop Penyederhanaan RPP Moda Luring dan Daring via Aplikasi Cisco Webex dengan pola In Service Learning 1 - On Service Learning - In Service Learning 2  yang dilaksanakan pada tanggal 10 s.d. 17 Juni 2020.

Sumber foto : dokumentasi pribadi

Kegiatan dibuka oleh kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, DR. H. Subandi, M.M. Dalam sambutan beliau menyampaikan profil singkat PPPPTK PKn dan IPS, pentingnya kualitas guru dalam pembelajaran, program peningkatan guru, serta program DIGDAYA (DIklat Guru Daring BerinovAsi dan berkarYA) yang digagas dan menjadi inovasi PPPPTK PKn dan IPS sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dimasa pandemi Covid-19.

Sumber foto : dokumentasi pribadi

Sumber foto : dokumentasi pribadi

Kegiatan ON-1 diisi oleh Widyaiswara departemen PKn yaitu Bapak Gatot Malady, S.I.P., M.Si., yang memaparkan latar belakang perlunya upaya peningkatan kompetensi guru dan alasan penyederhanaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Sumber foto : dokumentasi pribadi

Sumber foto : dokumentasi pribadi

Dijelaskan oleh beliau, berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 RPP terdiri atas 13 komponen. Tidak lepas dari dasar tersebut, Menteri Pendidikan menerbitkan Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP menjadi 3 komponen yang wajib ada, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan assesment/penilaian.

Sumber foto : dokumentasi pribadi


Sumber foto : dokumentasi pribadi

Selanjutnya, semua peserta dibagi menjadi beberapa kelompok (kelas 7, 8, 9) untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, dan dipresentasikan pada kegiatan ON-2 yang dilaksanakan pada tanggal 16-17 Juli 2020.

Berikut materi dan hasil kegiatan, silakan dimanfaatkan dan disebarluaskan untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. 










Share this post :

Post a Comment

 
Support : Link here | Link here | Link here | Link here
Copyright © 2014. Asiknya Belajar PKn - All Rights Reserved
Template Editing by Imam Nashokha Published by Ocha Template
Proudly powered by Blogger